Pemodelan grafis. sebelum menjalar ke konsep 2D dan 3Dnya terlebih
dulu kita pahami dulu arti dan pengertian dari pemodelan grafis. Pemodelan
grafis adalah Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke
suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer bisa
dalam shape/bentuk, posisi, orientasi, surface,
properties, volumetric, properties dan lights. intinya menciptakan
pemodelan matematika dari objek 2D dan 3D.
2 Bentuk dari Grafik Komputer:
2 Bentuk dari Grafik Komputer:
- Grafik
komputer 2D; merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar.
Grafik 2 Dimensi menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan
titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak).
- Grafik
komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan
tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik
kordinat yakni titik x, y, dan z. Representasi dari data geometrik 3
dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap
grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan
grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card
(link). pemodelan ini juga berfungsi untuk menampilkan efek realistis pada
video maupun game.
2D dan 3D dalam komputer grafik
a. grafik komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang banyak mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Model yang menggunakan 2D tidak mendukung fenomena 3 dimensi. akan tetapi dapat membuat layer yang ditumpuk dalam urutan tertentu berdasarkan kedalaman/jarak tertentu. Mereka juga digunakan pada beberapa video dan games sederhana seperti solitaire, chess, atau mahjong.
b. grafik Komputer 3D
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbetween dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak.Untuk membuat ilusi gerakan tersebut, sebuah gambar pada layar komputer dengan sangat cepat digantikan oleh gambar lainnya yang mirip dengan gambar sebelumnya, tapi dengan sedikit perubahan
Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala sasaran animasi adalah komputer itu sendiri, kadangkala sasaran adalah antara lain, seperti filem. Untuk menghasilkan gambar pergerakan, image (gambar) dipaparkan pada screen komputer dan diganti dengan image (gambar) baru yang selaras gambar sebelumnya dengan pantas. Teknik ini serupa dengan bagaimana gambar bergerak dihasilkan melalui televi dan film. Animasi komputer 3D pada asasnya merupakan pengganti digit bagi seni animasi gerak (stop motion); patung animasi dibina pada screen komputer dan dipasang dengan rangka siber. Kemudian anggota badan, mata, mulut, pakaian, dan lain-lain bagi patung 3D digerakkan oleh juru animasi. Akhirnya, animasi dihasilkan.
Kesimpulan
Jadi, perbedaan antara grafik 3D dan 2D secara umum terletak pada komposisi objeknya. Pada bidang Cartesian, grafik 2D hanya memiliki sumbu X dan Y, sedangkan grafik 3D memiliki axis X, Y, dan Z. Dimana hal ini membuat objek grafik 3D memiliki volume atau memiliki isi. Sehingga objek 3D dapat dilihat dari berbagai macam sudut. Sedangkan Grafik 2D hanya memiliki satu sudut pandang saja, yaitu sisi yang sejajar dengan posisi si penglihat. Oleh sebab itu kita tidak dapat melihat bagian belakang maupun samping sebuah objek 2D.
Contoh penggunaan grafik 2D misalnya pada typhography, cartography, menggambar teknik, periklanan, dll. Sedangkan contoh objek 3D misalkan benda-benda yang ada di sekitar kita. Contoh lain yang paling sering menggunakan grafik 2D dan 3D adalah pembuatan animasi dan game seperti yang telah dijelaskan diatas.
Modeling 2D and 3D Graphics
Graphical modeling. before spreading to the concept of 2D and 3Dnya first we first understand the meaning and understanding of graphical modeling. Graphical modeling is a transformation from a concept (or a real object) into a geometric model that can be displayed on a computer can be in shape / form, position, orientation, surface, properties, volumetric, properties and lights. essentially creating mathematical modeling of 2D and 3D objects.
2 Forms of Computer Graphics:
• 2D Computer Graphics; the shape of the object that has a length and width. Graph 2 dimensions using standard imaging techniques which have the x-axis coordinate point (flat) and the y-axis (vertical).
• 3D Computer Graphics is a form of matter that has a length, width, and height. differences with 2D graphics in 3D modeling has 3 point coordinates of the point x, y, and z. Representation of 3-dimensional geometric data as a result of the processing and delivery of light effects on 2D computer graphics. Three Dimensional, typically used in graphics handling. 3D in general refers to the ability of a video card (link). This model also serves to show realistic effects on video and games.
2D and 3D computer graphics
a. 2D computer graphics
2D computer graphics is a computer-based generation of digital images, which many objects take two-dimensional (2D). Graph Model 2D is a combination of geometry model (also known as vector graphics), digital images (raster graphics), mathematical functions, and so on. Models using 2D does not support 3-dimensional phenomenon. but can create layers are stacked in a specific order based on the depth / distance. They are also used in some video and simple games like solitaire, chess, or mahjong.
b. 3D computer graphics
3D graphics is the development of 2D graphics. In computer graphics, 3D is a graphical form using a three-dimensional representation of geometric data. A 3D frame object when illuminated from a certain direction will cast a shadow on the surface of the image. The process of making a 3D computer graphics can be divided into three phases, namely the 3D modeling which describes the shape of an object, layout and animation that describes the movement and the layout of an object, and 3D rendering which produces an image of the object.
Animation is a series of still images in the inbetween with significant amounts, when we project will look like - if living (moving), as we have ever seen the movie - in tevisi cartoons and animations on screen so we conclude turn on stationary objects projected to be moving .To create the illusion of movement, an image on a computer screen very quickly replaced by another image that is similar to the previous image, but with a few changes
Computer animation is the art of producing images moving through the use of computers and a partial field of computer graphics and animation. Animation increasingly generated through 3D computer graphics, though 2D computer graphics are still a lot there. Sometimes the target animation is the computer itself, sometimes the target is, among others, such as film. To produce an image movement, image (picture) presented on a computer screen and replaced with an image (picture) which is aligned with the appropriate previous image. This technique is similar to how the moving image generated through televi and movies. 3D computer animation, in principle, a substitute digits for art motion animation (stop motion); animated sculpture constructed on a computer screen and fitted with cyber order. Then the limbs, eyes, mouth, clothing, etc. for 3D sculpture driven animation interpreter. Finally, the animation is produced.
conclusion
Thus, the difference between 3D and 2D graphics in general lies in the composition of the object. In the Cartesian plane, 2D graphics only have the X and Y axis, while the 3D graphics have axis X, Y, and Z. Where does this create 3D graphic objects have volume or in content. So that a 3D object can be viewed from various angles. Graph 2D only have one point of view, that is the side that is parallel to the viewing position. Therefore we can not see the back or side of a 2D object.
Examples of such use on typhography 2D graphics, cartography, technical drawing, advertising, etc. While examples of 3D objects suppose the objects that surround us. Another example of the most frequent uses 2D graphics and 3D animations and games are manufacture as described above.
sumber : e-book Grafik Komputer: Konsep Dasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar