Minggu, 02 November 2014

Desain Pemodelan Grafik : Latihan

Latihan
1.  Apa itu pemodelan grafik

Desain Permodelan Grafik adalah suatu proses penciptaan suatu objek yang baru menggunakan software aplikasi dengan melakukan beberapa tahap, yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra.
2.  Jelaskan macam – macam pemodelan grafik

a. Motion Capture/Model 2D

Yaitu langkah awal untuk menentukan bentuk model obyek yang akan dibangun dalam bentuk 3D. Penekanannya adalah obyek berupa gambar wajah yang sudah dibentuk intensitas warna tiap pixelnya dengan metode Image Adjustment Brightness/Contrast, Image Color Balance, Layer Multiply, dan tampilan Convert Mode RGB dan format JPEG. Dalam tahap ini digunakan aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop atau sejenisnya.

b. Dasar Metode Modeling 3D

Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Ada jenis metode pemodelan obyek yang disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan
Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya menggunakan sedikit polygon, maka object yang didapat akan terbagi sejumlah pecahan polygon. Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

c. Proses Rendering

Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dalam standard PAL system, resolusi sebuah render adalah 720 x 576 pixels.

Bagian rendering yang sering digunakan:
a.       Field Rendering.
Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing effect yang disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek dalam rendering video.
b.      Shader.
Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan sebagainya.

d. Texturing

Proses texturing ini untuk menentukan karakterisik sebuah materi obyek dari segi tekstur. Untuk materi sebuah object bisa digunakan aplikasi properti tertentu seperti reflectivity, transparency, dan refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk meng-create berbagai variasi warna pattern, tingkat kehalusan/kekasaran sebuah lapisan object secara lebih detail.

e. Image dan Display

Merupakan hasil akhir dari keseluruhan proses dari pemodelan. Biasanya obyek pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan, atau visual effect yang dimasukkan pada tahap teksturing pemodelan. Output images memiliki Resolusi tinggi berkisar Full 1280/Screen berupa file dengan JPEG,TIFF, dan lain-lain.

3.  Jelaskan perkembangan pemodelan grafik saat ini

Pada saat ini adanya mesin cetak dan komputer juga merupakan dua hal yang secara signifikan mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis hingga akhirnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain. Koran, majalah, tabloid, website yang sehari-hari kita lihat adalah produk desain grafis. Bahkan animasi Spongebob Squarepants walaupun lebih dikenal dengan sebutan kartun yang sering kita tonton di televisi merupakan bagian dari produk desain grafis juga. Selain itu teknik desain bangunan atau interior ruangan yang menggunakan software seperti autocad juga merupakan perkebangan dari pemodelan grafik saat ini.

4.  Sebutkan tool – tools dalam pemodelan grafik

Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)

Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan amphlet, brosur, booklet, poster, undangan dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.

Aplikasi Pengolah Vektor/Garis

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, Micrografx Designer, Inkscape.

Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright Image, Pixelmator, Manga studio, Gimp dan Pos Free Photo Editor.

Aplikasi Pengolah Film/Video

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
Adobe After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition dan Camtasia Studio

Aplikasi Pengolah Multimedia

Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, Ezedia, Hyper Studio dan Ovation Studio Pro

Pengolah 3 dimensi

Contohnya : Xara 3D, 3Ds Max, Houdini, Lightware, Blender, Pixar, Maya, Poser, AutoCad dan Zmodeler

Software tipografi
Fontographer dan AMP Font Viewer

1. What is the modeling graph

Graphic design modeling is a process of creating a new object using a software application to perform several stages, ie create, store, and manipulate models and images.
2. Describe the kind of - kind of graphic modeling

a. Motion Capture / Model 2D

That is the first step to determine the shape of the object model to be built in 3D. The emphasis is an object in the form of facial images that have formed the color intensity of each pixel with the method of the Image Adjustment Brightness / Contrast, Color Balance Image, Layer Multiply, and display Convert RGB mode and JPEG formats. In this stage the use of graphics applications such as Adobe Photoshop or the like.

b. Basic 3D Modeling Methods

There are several methods used for 3D modeling. There is a type of object modeling methods that are tailored to their needs as with nurbs and polygons, or subdivision. Modeling polygon is a triangle and a rectangle shape that determines the area of the surface of a character. Each polygon determine a flat surface by putting a line polygon so that we can create new forms of surface
To obtain a smooth surface, it takes a lot of areas of polygons. If only use a polygon, then the object will be divided into a number of fractions obtained polygon. While Modeling with NURBS (Non-Uniform Rational Bezier spline) is the most popular method to build an organic models. Nurbs curves to be formed by only three points only. Compared with polygon curve that requires a lot of points (vertices) of this method makes it easier to control. One point CV (Control vertex) can control one area to the texture.

c. Rendering process

Rendering is the process by the end of the whole process of modeling or computer animation. In rendering, all the data that is already included in the process of modeling, animation, texturing, lighting with certain parameters to be translated into a form of output. In the standard PAL system, a rendering resolution is 720 x 576 pixels.

Part rendering is often used:
a. Field Rendering.
Field rendering is often used to reduce the strobing effect caused by the rapid movement of an object in the video rendering.
b. Shader.
Shader is an additional 3D software used in particular in the process of rendering special. Usually shaders required to meet the specific needs of special effects such as lighting effects, atmosphere, fog and so on.

d. texturing

This texturing process to determine Characteristics of a material object in terms of texture. For a material object can be used application specific properties such as reflectivity, transparency, and refraction. Texture can then be used to create a variety of colors-pattern, level of smoothness / roughness of an object layer in more detail.

e. Image and Display

Is the end result of the whole process of modeling. Usually modeling objects into the output is in the form of an image for correction needs coloring, lighting, or visual effects are included in the modeling teksturing stage. The output images have high resolution ranging from Full 1280 / Screen include files with JPEG, TIFF, and others.

3. Describe the development of the current graph modeling

At this time of the printing press and computers also are two things that significantly accelerate the development of the use of graphic design art until it is applied in the world of advertising, packaging, film, and others. Newspapers, magazines, tabloids, websites everyday we see is graphic design products. Spongebob Squarepants animation even though better known as the cartoons that often we watch on television is part of graphic design products as well. In addition, the technique of building or interior design that uses software such as AutoCAD is also a perkebangan of modeling the current chart.

4. Identify tools - tools in modeling graph

Application Processing Layout (Layout)

This program is often used for making amphlet, brochures, booklets, posters, invitations and other similar. The program is able to adjust the placement of text and images taken from other programs (such as Adobe Photoshop). Are included in this group are:
Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.

Application Processing Vector / Line

Programs included in this group can be used to create images in the form of vector / line so often referred to as the Illustrator program. All the objects that produced a combination of several lines, either straight or curved lines. Applications that are included in this group are:
Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, MetaCreations Expression, Micrografx Designer, Inkscape.

Pixel Processing Applications / Image

Programs included in this group can be used for image processing / manipulation of images (photo retouching). Objects are processed in the program-the program is considered as a combination of points / pixels that have a certain density and color, for example, photos. Image in the image formed of a set of pixels that have certain density and color. Even so, the program included in this group can also process text and lines, but is considered as a collection of pixels. Objects that are imported from vector processing program / line, after being processed by the program processing pixel / point will automatically be converted into the form of pixel / point. Are included in this application are:
Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia XREs, MetaCreations Painter, MetaCreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright Image, Pixelmator, Manga Studio, Gimp and Pos Free Photo Editor.

Application Processing Film / Video

Programs included in this group can be used to process the film in various formats. Giving the title text (such as karaoke, subtitles, etc.) can also be processed using this program. Generally, the provision of special effects (special effects) like the sound of explosions, bullets whistle, waves, etc. can also be created using this application. Are included in this category are:
Adobe After Effects, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition and Camtasia Studio

Multimedia Processing Applications

Programs included in this group are usually used to create a masterpiece in the form of promotion Multimedia, company profiles, and the like, and is packaged in a CD or DVD. Multimedia may include film / movie, animation, text, images, and sound dirancan such a way that the message is more interactively and interesting. Are included in this group are:
Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, Ezedia, Hyper Studio and Ovation Studio Pro

3-dimensional processing

Examples: Xara 3D, 3ds Max, Houdini, Lightware, Blender, Pixar, Maya, Poser, AutoCad and Zmodeler

software typography
Fontographer and AMP Font Viewer
Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar