arsitektur komputer
Pengertian arsitektur komputer adalah dapat
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara
interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,
dan juga target biayanya.
Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer
adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari
suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem
komputer.
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah
arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini
digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann
ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit
Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan &
hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas
kawat, “bus”.
3 sub-kategori arsitektur komputer
Arsitektur komputer ini mengandung 3 (tiga) sub-kategori, diantaranya
meliputi:
- Set
     intruksi (ISA).
- Arsitektur
     mikro dari ISA, dan juga
- Sistem
     desain dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware)
     komputer ini.
Arsitektur Komputer yaitu desain komputer yang meliputi:
- Set
     instruksi.
- Komponen
     hardware (perangkat keras).
- Organisasi
     atau susunan sistemnya.

Bentuk komputer PC
2 bagian utama arsitektur komputer
Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:
- Instructure
     Set Architecture, adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer
     bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
- Hardware
     System Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu
     CPU, Memori, serta OS.
Inilah cara melakukan perubahan pada arsitektur komputer
Cara-cara untuk melakukan perubahan pada arsitektur, yaitu
seperti:
- Membangun
     array prosesor.
- Menerapkan
     proses pipelining.
- Membangun
     komputer multiprosesor.
- Membangun
     komputer dengan arsitektur yang lain.
Berikut ini mengukur kualitas dari arsitektur komputer
Terdapat beberapa atribut yang dipakai untuk mengukur
kualitas komputer, diantaranya :
- Generalitas.
- Applicability
     (Daya Terap).
- Efesiensi.
- Kemudahan
     Penggunaan atau pemakaian.
- Daya
     Tempa (Maleability).
- Dan
     daya Kembang (Expandibility).
Dan inilah faktor  yang berpengaruh pada
keberhasilan Arsitektur Komputer
Terdapat faator-faktor yang dapat berpengaruh pada
keberhasilan arsitektur komputer, 3 (tiga) diantaranya adalah:
1. Yang pertama manfaat Arsitektural diantaranya yaitu:
- Aplicability.
- Maleability.
- Expandibility.
- Comptible.
Yaitu untuk mengukur kinerja dari sistem, ada serangkaian
program yang standard yang dijalankan yang dapat di sebut Benchmark pada
komputer yang akan diuji ukuran kinerja CPU:
- MIPS
     (Million Instruction PerSecond)
- MFLOP
     (Million Floating Point PerSecond)
- VUP
     (VAX Unit of Performance)
- Sistem
     Operasi Bandwith
- Operasi
     I/O Perdetik
Ukuran Kinerja Memori:
- Memoy
     Bandwith.
- Waktu
     Akses Memori.
- Ukuran
     Memori.
3. Biaya Sistem, Biaya dapat diukur dalam banyak cara
diantaranya, yaitu :
- Reliabilitas.
- Kemudahan
     Perbaikan.
- Konsumsi
     daya.
- Berat.
- Kekebalan.
- Interface
     Sistem Software.
Arsitektur komputer merupakan suatu hal yang sangatlah
penting karena dapat memberikan berbagai atribut-atribut pada sistem komputer,
hal tersebuti tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang ataupun user software
sistem dalam mengembangkan suatu program.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar